TIPS CANGGIH MENCARI INFORMASI DI INTERNET

Perkembangan atau kemajuan tekonologi di era saat ini sunggu luar biasa, apa apa yang kita butuhkan sekrang tinggal search di google saja. mau makan apa tinggal instal aplikasi, mau baju apa tingal pencet-pencet dateng. binggung mau kemana-mana ga ada yang anter tingga instal aplikasi. instalnya pun juga gratis. 

kita semakin dimanjakan dengan teknologi. mau mencari sebuah istilahpun kita tidak perlu mencari lama dibuku. tinggal search saja nanti akan ketemu. apalagi saat ini rasanya sudah jarang kita menjumpai orang baca buku, pasti yang mereka baca adalah artikel artikel di hp, laptop atau tablet. bahkan buku sekarang pun  yang biasanya dari kumpulan kertas sekarang berganti menjadi e-book. semakin cangihnya teknologi kitapun harus semakin cermat, karna terkadang banyak sekali penipuan didalamnya.

kali ini aku akan sedikit mengulas tentang tips canggih mencari informasi di internet yang aku ambil di rubik internid dari majalah ANINDA. Pada awamnya kita sering menggunakan google search (www.google.com). Tapi, bisa jadi selama ini kita hanya menggunakan google dengan format pencarian yang sederhana, yaitu menulis beberapa kata dan mengubah-ubah kata-kata tersebut sampai kita mendapatkan file atau artikel yang kita inginkan. Terkadang butuh waktu yang lama, malah sering juga muncul link-link situs yang sama sekali tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Nah, kali ini aku akan memberi tips agar kalian lebih efektif lagi kektika mencari di google
  • Ungkapan secara eksplisit dengan tanda petik
Misalnya kita ingin mecari informasi mengenai novel Islam, maka dari pada hanya mengetik novel islam, lebih baik mengetik “Novel Islam” di box Google  Search dengan menggunakan tanda petik untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih tepat.
  • Kesampingkan kata yang tidak diperlukan.
Bila kita ingin mencari informasi mengenai novel Islam, namun kita tidak mengharapkan hasil yang berkaitan dengan penerbit. Maka gunakan tanda setrip (-) didepan kata tersebut. Misalnya: novel islam –penerbit.
  • Sertakan Tipe Dokumennya.
Jika kita hanya menginginkan hasil pencarian dengan tipe dokumen tertentu, maka kita dapat menggunakan tambahan keterangan “filetype”. Misalnya kita mencari dokumen power point (ppt) maka ketik: “novel islam” filetype:ppt. Google mendukung tipe file dengan format antara lain: Adobe portable Document Format (pdf), Microsoft Rxcel (xls), Microsoft Power Point (ppt), Microsofft Word (doc), dan text (ans, txt).
  • Medefinisikan kata.
Bilasahabat ingin mndapatkan definisi dari sebuah kata atau istilah, maka kita dapat mengtik di Google Search dengan perintah define, dan akan keluar hasil pendefinisian kata tersebut dari berbagai sumber. Contoh: define:novel
  • Film dan Music.
Untuk mencari informasi film dan musik, kita dapat menggunakan perintah: “movie:” dan “music=”. Contoh : “movie: dalam mihrab cinta”.
  • Bila lupa keyword (kata kunci), gunakan tanda bintang (*)
Misalnya kita ingin mencari lirik sebuah lagu tetapi lupa judul utuhnya, contoh: “leaving on a *” didapat daftar hasil pencariannya di antaranya lagu Leaving on a Jet Plane, yaitu lagu yang sebenarnya kita inginkan.
  • Mencari secara spesifik                                                                                                          Google search memiliki banyak rahasia diantaranya menyediankan pencarian yang lebih spesifik. Misalnya untuk pencarian di blog, dapat berkunjung ke http://blogsearch.google.com/ . untuk buku: www.books.google.com, untuk pencarian video di http://video.google.com/, dan lain-lain.
  • Menghitung satuan ukuran dan kalkulator.
Kita dapat menggunak google untuk konversi yang cepat misalnya dari inchi ke meter, ketik saja: 12 inches = 0.3048 meters. Lalu ada juga fungsi kalkulator. Terkadang lebih cepat melakukan perhitungan standar di Google dengan menggunakan tanda: +,-,*,dan/.
  • Nah, bila kalian tidak ingat perintah-perintah diatas, kita bisa selalu menggunakan Google’s advanced search untuk pencarian yang lebih tepat dan spesifik yang telah disediakan oleh Google, yaitu di: www.google.com/advanced_search.
Mungkin hanya itu yang dapat aku share.
Sumber tips  : Hidayatullah Syarif, Majalah Aninda (internid).

Komentar

Postingan Populer