BANGIL BANGKIT









Mungkin dari beberapa temen temen ada yang asing dengan nama bangil. Bangil terletak 16 km dari kota pasuruan. Bangil biasa disebut sebagai “BANGKODIR” Bangil Kota Bordir. Bisa dibilang cukup banyak warga yang usahanya sebagai pengrajin bordir. Banyak sekali hasil kerajinan bordir yang dibuat, dari sepatu bordir, baju bordir, tas bordir dsb. Beberapa tahun yang lalu mantan presiden Susilo Bambang Hidoyono beseta istri  juga pernah berkujung ke bangil.

Tidak lupa beliau membeli beberapa bordiran khas bangil untuk oleh -oleh. Beliau memborong puluhan set busana hingga interior berbahan bordir. Tak hanya itu bu ani juga memesan bordir sebagai souvenir yang akan dihadiahkan untuk Sultan Brunei Darussalam Selain dikenal sebagai bangkodir, bangil juga dikenal sebagai kota santri. Karna cukup banyak pondok pesantren disini. Karna disebut sebagai kota santri.  

Nama nama jalan disinipun menggunakan 2 huruf, huruf abjad biasa dan huruf arab.selain itu bangil memiliki moto yaitu Bangil Bangkit. Bangil juga beberapa kali memenangkan piala adipura. Kalo bicara kuliner, makanan khas di kota bangil ini adalah nasi punel. Sejenis nasi campur dengan berbagai lauk. Tekstur nasinya yang lembek dan punel/pulen serta ditemani dengan serundeng, sate kerang, sambal, lodeh, potongan danging dll. Kalian bisa pilih lauk yang kalian mau. Mendeskripsikannya aku jadi lapar…….



Komentar

  1. How does the concept of halal sustenance extend beyond dietary restrictions to encompass broader ethical considerations in Islamic teachings? regard Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer